Cabang Magetan Sukses Meraih Juara Umum Kejurprov PSHT Jatim Tahun 2023

Ketua Pengurus Provinsi PSHT Jatim Dwi Suntoro menyebut, kejuaraan pencak silat yang diselenggarakannya merupakan keinginan dari seluruh cabang di Jatim

9 Oktober 2023, 11:38 WIB

JURNAL HARIANKOTA, MALANG– Sebanyak 756 atlit dari sejumlah Cabang, Komisariat dan Ranting Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di Jawa Timur (Jatim) berjuang untuk menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) PSHT tahun 2023.

Kejuaraan Pencak Silat tingkat provinsi ini di gelar oleh salah satu perguruan pencak silat terbesar di Indonesia yakni PSHT yang memiliki anggota lebih dari 2 juta.

Adapun kelas yang di pertandingkan dalam kejuaraan kali ini diantaranya kelas tanding mulai kelas A hingga kelas bebas, sedangkan untuk kategori seni juga di pertandingankan seni tunggal, seni ganda, seni beregu serta solo kreatif.

Kejuaraan tingkat provinsi ini, merupakan kejuaraan pertama kali yang digelar oleh Pengprov PSHT Jatim pasca pandemi Covid-19.

Keluar sebagai juara umum pada Kejurprov PSHT Jatim tahun 2023 adalah Cabang Magetan yang mampu mengoleksi sedikitnya 13 emas, 5 perak dan 6 perunggu.

Kabupaten Malang A sabet 6 emas, 7 perak dan 6 perunggu. Sedangkan Blitar raih 3 emas dan 1 perak.

Untuk pesilat terbaik remaja putra diberikan kepada Fadila Catur dari Cabang Ngawi dan terbaik putri Sekar Hayuning dari Cabang Magetan.

Sementara pesilat terbaik dewasa putra disabet Fatir Elga dari Kabupaten Malang A dan terbaik putri Dea Ayu dari Cabang Magetan.

Adapun peserta Kejurprov di GOR Ken Arok Kota Malang ini terdiri, cabang PSHT se Jatim. Di antaranya dari Kota Malang, Kabupaten Malang, Surabaya, Sidoarjo, Magetan, Ngawi, Nganjuk, Tuban.

Selanjutnya dari Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Pacitan, Kediri, Trenggalek, Bangkalan dan lainnya.

Ketua Pengurus Provinsi PSHT Jatim Dwi Suntoro menyebut, kejuaraan pencak silat yang diselenggarakannya merupakan keinginan dari seluruh cabang di Jatim.

Namun, sejak beberapa tahun lalu ada pihak yang selalu menghalangi, baik atlet dan pelatih PSHT untuk berpartisipasi di bidang prestasi pencak silat.

“Kejuaraan ini merupakan kerinduan bersama yang dinanti-nanti para atlet dan pelatih PSHT sejak lama, Apresiasi juga kami sampaikan untuk tuan rumah, yaitu PSHT Cabang Malang, sukses sebagai tuan rumah,” ucapnya.

Pertandingan yang dilaksanakan di atas 4 gelanggang pencak silat ini, dihadiri atlet Nasional PSHT Puspa Arum Sari pada Sabtu (8/10/2023) kemarin. Juga hadir pelatih nasional Edi Suhartono dan para atlet nasional seperti Suhud Indratno.

Sebelumnya, dalam kegiatan Rakernas PSHT yang dilaksanakan di Kawasan Wisata Selorejo Kabupaten Malang, Arum menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan melalui program yang digagas Ketua Umum PSHT Muhammad Taufiq.

Tidak hanya itu, dalam Rakernas PSHT tahun 2023 juga di lakukan penanda tanganan kerjasama dengan BRI Link, sehingga nantinya tiap cabang maupun ranting bisa mandiri dan produktif dalam pengelolaan keuangan.

Dua event besar yang di gelar oleh PSHT  secara bersamaan yakni Rakernas PSHT Tahun 2023 di Selorejo, Kecamatan Ngantang dan Kejurprov PSHT Jatim di GOR Ken Arok Kota Malang berjalan lancar dan sukses.

Ketua Cabang PSHT Kota Malang, Wahyu Dutonoto dan Ketua Cabang PSHT Kabupaten Malang, Martono, berharap para atlet yang juara terus berlatih untuk meraih prestasi tidak hanya regional dan nasional, tetapi prestasi dunia. (Arm)

 

Berita Lainnya