Soft Launching, SDGs UB Bantu Sukseskan KKN 1000 Desa

Super Komputer ini nantinya bisa bermanfaat untuk menunjang KKN di 1000 desa di Jatim

18 Januari 2023, 21:01 WIB

JURNAL HARIANKOTA, MALANG – Sustainable Development Goals (SDGs) Center UB resmi diperkenalkan kepada publik melalui agenda Soft Launching yang dilakukan di FISIP UB, Rabu (18/1/2023).

Koordinator SDGs Center UB, Dr Muhammad Muzakki S.Pd., M.Si mengungkapkan saat ini di Jawa Timur hanya ada 3 kampus yang memiliki SDGs. Pertama adalah Universitas Jember dan kedua Universitas Airlangga serta Universitas Brawijaya.

“Kita di Jatim menjadi kampus ketiga yang membentuk SDGs ini. Kalau di Indonesia kita jadi kampus ke 27 yang membentuk SDGs,” ucapnya saat sesi soft launching.

Kunjungi Kota Malang, DPP PKS Tertarik Pendidikan Karakter dan Malang Heritage ala Pemkot Malang

Pasca soft launching ini, Muhammad Muzakki memaparkan pihaknya akan membantu menyukseskan kegiatan KKN 1000 desa yang akan dilakukan oleh UB. Hal ini adalah permintaan khusus Rektor UB, Prof Widodo S.Si., M.Si., Ph.D, Med.Sc.

“Permintaan khusus dari Rektor UB kita akan diberikan satu instrument yang berkolaborasi dengan TIK UB untuk mewujudkan Super Komputer jadi pusat data,” tuturnya.

Super Komputer ini nantinya bisa bermanfaat untuk menunjang KKN di 1000 desa di Jatim. Kami berkomitmen menyukseskan itu tentu dengan unit lain seperti LPPM sekaligus dosen dan mahasiswa,” sambung pengajar di Prodi S3 Sosiologi ini.

Stop Kekerasan di Lembaga Pendidikan Agama, Kemenag Segera Tertibkan Regulasi

Muzakki mengungkapkan Rektor UB tidak ingin produk KKN mahasiswa hanya membangun gapura. Namun dengan adanya SDGs bisa berkontribusi membangun sumber daya manusia di 1000 desa di Jatim.

Selain akan menyukseskan program KKN 1000 Desa, SDGs UB juga akan mengembangkan 200 desa dibawah naungan Jaringan Kampung Nusantara agar potensi desa makin berkembang. “Kami juga didukung beberapa pihak lain. Ada profesor dari UI, budayawan, artis seperti Trie Utami dan beberapa elemen lain,” tuturnya.

Ahmad Muzakki menuturkan SDGs UB ini sudah dirintis sejak tahun 2021. Awalnya aktifitas dilakukan dengan menulis artikel atau jurnal. Setelahnya dibentuk forum rutin Selosoan yang dikemas dalam bentuk Podcast.

Berbekal Ilmu Wirausaha Merdeka Kampus UMS, Tim SetujuAnkaa Siap Bantu Branding UMKM

Berita Lainnya

Berita Terkini

Bupati Purworejo Hadiri Wisuda Khotmil Quran SD Al Madina

Bupati Purworejo Hadiri Wisuda Khotmil Quran SD Al Madina

Bupati berharap kepada anak-anak untuk senantiasa rajin belajar dan beribadah, berbakti kepada orang tua, sehingga nantinya akan tumbuh menjadi anak-anak harapan bangsa yang akan meneruskan perjuangan menuju masa depan yang lebih baik dan gemilang
21 Juni 2024, 11:32 WIB