SMK Cetak Lulusan Mekanik Handal dan Diminati Industri Otomotif di Indonesia

Siswa SMK diharapkan mampu menjadi Bank Mekanik bagi kebutuhan industri Otomotif di Indonesia

4 Januari 2023, 18:39 WIB

JURNAL HARIANKOTA, MALANG – Produksi kendaraan bermotor roda empat maupun lebih di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan. Kondisi itu, membuat Pabrikan Mobil maupun bengkel resmi kendaraan membutuhkan mekanik handal.

Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia menjadi salah satu jawaban untuk memenuhi kebutuhan Mekanik di Indonesia. Untuk itulah, Hino Motors Sales Indonesia melalui program Hino Indonesia Partnership School (HIPS) memberikan 1 Unit Truck Dutro 125 ST kepada SMKN 1 Singosari sebagai penunjang pembelajaran.

Penyerahan 1 Unit Truck Dutro 125 ST senilai Rp. 150 juta dilakukan langsung oleh Irwan Supriyono selalu Direktur After Sales Service, didampingi Erwin Walesa selaku HC, GA Division Head dan Pieter Andre selalu Hino Training and Network Division head kepada Kepala SMKN 1 Singosari, Drs. Suharto, M.Pd, Rabu (04/01/2023).

Optimisme Konsumen Bank Indonesia di Kota Malang Meningkat di Akhir Tahun 2022

IMG 20230104 182105 e1672831405767
Penyerahan CSR berupa 1 Unit Dutro 125 ST dari PT HMSI kepada SMKN 1 Singosari

Menurut Irwan Supriyono “Siswa SMK diharapkan mampu menjadi Bank Mekanik bagi kebutuhan industri Otomotif di Indonesia, untuk itu pihaknya juga mendorong untuk mensinergikan Kurikulum yang dibutuhkan oleh dunia industri, khususnya bagi PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI)”.

Saat ini, 6 Unit Kendaraan diberikan kepada sejumlah SMK di Indonesia, diantaranya SMKN 1 Singosari Jawa Timur, SMKN 2 Wonosari dan SMKN 2 Yogyakarta. “Tidak hanya memberikan unit kendaraan, namun PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) juga memberikan pelatihan kepada Guru SMKN 1 Singosari serta kesempatan Magang bagi para siswanya,” ungkap Irwan Supriyono.

Irwan menambahkan, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) juga menjalin kerjasama dengan SMKN 1 Singosari terkait pemenuhan kebutuhan tenaga kerja, karena dari 157 cabang atau dealer Hino di Indonesia, semua masih membutuhkan tenaga kerja.

UU PPSK Disahkan, LPEI: Bukti Dukungan Pemerintah dan DPR bagi Peningkatan Ekspor

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Singosari, Suharto “Salah satu andalan dari SMKN 1 Singosari adalah kompetensi keahlian di bidang otomotif, sehingga hal ini menjadi pembuka jalan untuk bisa bekerjasama dengan PT Hino, diharapkan adanya bantuan CSR berupa 1 unit Dutro ini bisa menjadi penyemangat siswa SMKN 1 Singosari, sehingga dapat digunakan untuk proses belajar mengajar di sekolah dan siswa tidak hanya belajar teori di kelas”.

Saat ini sedikitnya 2400 siswa yang sedang menimba ilmu di SMKN 1 Singosari “Bantuan 1 unit kendaraan truck ini, nantinya bisa digunakan para siswa untuk menambah kemampuan mereka di bidang Otomotif khususnya Kendaraan berat seperti Truck dan Bus,” Pungkasnya. (ARM)

Berita Lainnya

Berita Terkini